Selasa, 26 Juni 2012

Kepribadian Bangsa Timur

 
 1.      Definisi Kebudayaan dan Kepribadian
A.    Kebudayaan
Kebudayaan berasal dari kata budaya (bahasa sanskerta) yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa indonesia budaya berarti suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Bentuk dari kebudayaan adalah bahasa, relegi, dan seni. Kebudayaan itu sendiri lahir karena pola perilaku manusia pada zaman dahulu yang terus diwariskan dari generasi ke generasi.
Menurut Melville J. Herskovits, Kebudayaan memiliki 4 unsur, yaitu:
  •          Alat-alat teknologi
  •          Sistem ekonomi
  •          Keluarga
  •          Kekuasaan Politik  
Sedangkan menurut Bronislaw Malinowski kebudayaan memiliki 4 unsur pokok yang meliputi:
  •     Sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya.
  •             Organisasi ekonomi 
  •          Alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
  •          Organisasi kekuatan (politik) 
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Ciri-ciri kebudayaan secara umum diantaranya yaitu:
  •          Bersifat historis
  •          Bersifat geografis
  •          Bersifat perwujudan nilai-nilai tertentu

B.     Kepribadian Bangsa Timur
Kepribadian adalah keseluruhan cara di mana seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang. Kepribadian bangsa timur berbeda dengan kepribadian bangsa barat, dari wilayahnya, lingkungan, gaya hidup, kebudayaan dan kebiasaannya pun berbeda. menjelaskan tentang kepribadian bangsa timur,sudah jelas kita semua tau bahwa bangsa timur identik dengan benua Asia. Yang penduduknya sebagian besar berambut hitam dan berkulit sawo matang, dan sebagian pula berkulit putih dan bermata sipit.
Kepribadian bangsa timur dapat diartikan sebagai suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya yang unik terhadap lingkungannya. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat tepo seliro atau memiliki sifat toleransi yang tinggi
2.      Prosa Dan Puisi
Prosa dan puisi merupakan salah satu contoh nyata dari kebudayaan yang ada.
A.    Prosa
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.prosa juga dibagi dalam dua bagian,yaitu prosa lama dan prosa baru,prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat,dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun. Prosa ada 2, yaitu Prosa lama dan Prosa baru. Prosa lama seperti Hikayat, Sejarah, Kisah, Dongeng. Sedangkan Prosa baru seperti Novel, Cerpen, Riwayat.
B.     Puisi
Puisi adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Puisi dibagi menjadi dua, yaitu Puisi lama dan Puisi baru.
Puisi lama memiliki cirri-ciri sebagai berikut:
·         Jumlah kata dalam 1 baris
·         Jumlah baris dalam 1 bait
·         Persajakan
·         Banyak suku kata tiap baris
·         Irama
                         Sedangkan puisi baru memiliki ciri-ciri :
·         Bentuknya rapih
·         Mempunyai persajakan akhir
·         Banyak menggunakan persajakan pantun dan syair meskipun ada pola yang lain
·         Sebagian puisi empat seuntai
·         Tiap-tiap barisnya atas sebuah gatra
·         Tiap gatranya terdiri dari dua kata

3.      Manusia dan Keadilan
A.    Definisi Keadilan
Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar.
B.     Hakekat Keadilan
Ada tiga ciri khas yang selalu menandai keadilan :
·         Keadilan tertuju pada orang lain. Masalah keadilan atau ketidakadilan hanya bisa timbul dalam konteks antar manusia.
·         Keadilan harus ditegakkan. Keadilan tidak diharapkan saja atau dianjurkan saja. Keadilan mengikat kita sehingga kita mempunyai kewajiban karena keadilan selalu berkaitan dengan hak yang harus dipenuhi.
·         Keadilan menuntut persamaan. Keadilan menuntut persamaan ( Equality ). Atas dasar keadilan kita harus memberikan kepada setiap orang apa yang menjadi haknya, tanpa kecuali.

SUMBER:
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://id.wikipedia.org/wiki/Prosa
http://id.wikipedia.org/wiki/Puisi
http://webserbada.wordpress.com/tag/hakikat-keadilan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Keadilan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar